Minggu, 22 Juni 2008

KIAT SEDERHANA MEMAKMURKAN MESJID

.KIAT SEDERHANA MEMAKMURKAN MESJID 1. SERUKAN AJAKAN SHOLAT DALAM BAHASA SETEMPAT (INDONESIA, JAWA, SUNDA, DLL) 30 MENIT SEBELUM JATUH WAKTU SHOLAT / SEBELUM AZAN. SEBAGAI CONTOH : "KEPADA YTH.BAPAK-BAPAK, IBU-IBU, ADIK-ADIK REMAJA PUTERA DAN PUTERI YANG HENDAK MELAKSANAKAN SHOLAT (MAGHRIB, ISYA, SUBUH) BERJAMAAH, DIPERSILAHKAN UNTUK MEMPERSIAPKAN DIRI DATANG KE MESJID. WAKTU SHOLAT BERJAMAAH ±30 MENIT LAGI." 2. 15 MENIT KEMUDIAN, ULANGI SERUAN YANG SAMA, "KEPADA YTH.BAPAK-BAPAK, IBU-IBU, ADIK-ADIK REMAJA PUTERA DAN PUTERI YANG HENDAK MELAKSANAKAN SHOLAT (MAGHRIB, ISYA, SUBUH) BERJAMAAH, HARAP BERSEGERA UNTUK MEMPERSIAPKAN DIRI DATANG KE MESJID. WAKTU SHOLAT BERJAMAAH ±15 MENIT LAGI." 3. 10 MENIT KEMUDIAN, ULANGI SERUAN YANG SAMA, "KEPADA YTH.BAPAK-BAPAK, IBU-IBU, ADIK-ADIK REMAJA PUTERA DAN PUTERI YANG HENDAK MELAKSANAKAN SHOLAT (MAGHRIB, ISYA, SUBUH) BERJAMAAH, HARAP BERSEGERA UNTUK MEMPERSIAPKAN DIRI DATANG KE MESJID. WAKTU SHOLAT BERJAMAAH ±5 MENIT LAGI." 4. AZAN 5. SHOLAT QOBLIAH, TUNGGU BEBERAPA SAAT, ±5 MENIT, BARU KEMUDIAN.... 6. IQOMAT 7. SHOLAT BERJAMAAH. BERIKUT INI ALASAN MENGAPA KITA HARUS MERUBAH PARADIGMA SERUAN UNTUK BERJAMAAH DI MESJID KARENA : 1. ANTARA WAKTU AZAN DAN IQOMAT SERING TERLALU CEPAT, BERKISAR ±5 MENIT, HANYA MENUNGGU ORANG SHOLAT QOBLIAH SAJA, LANGSUNG SHOLAT FARDHU, SEHINGGA ORANG-ORANG YANG MUNGKIN SEDANG ADA KEGIATAN DISORE HARI, CONTOHNYA SEDANG MENGERJAKAN SESUATU, TIDAK SADAR KARENA KE ASYIKAN BEKERJA, DAN LUPA BAHWA WAKTU MAGHRIB SUDAH MASUK, TIDAK BISA BERGABUNG SHOLAT BERJAMAAH. UNTUK ITU KITA PERLU MEMBERI WAKTU AGAR MEREKA BISA MEMPERSIAPKAN DIRI DENGAN MANDI, MENCUCI TANGAN, MEMBERESKAN ALAT-ALAT KERJA, DAN LAIN-LAIN. ITU SEBABNYA MENGAPA PERLU DIINGATKAN SETIAP WAKTU SHOLAT FARDHU UNTUK BERJAMAAH. 2. ANTARA WAKTU AZAN DAN IQOMAT DI MASJIDIL HARAM / NABAWI BISA SAMPAI ±30 ATAU ±45 MENIT, DENGAN DEMIKIAN TIDAK ADA SALAHNYA JIKA KITA BISA MELAKSANAKAN TATACARA YANG SAMA. BAGI SEBAGIAN ORANG YANG BERPENDAPAT BAHWA WAKTU SHOLAT MAGHRIB DAN SUBUH ADALAH PENDEK DAN HARUS DISEGERAKAN KARENA HARUS TERBURU-BURU BEKERJA BISA DIARTIKAN BAHWA ORANG TERSEBUT LEBIH MENGEJAR SERTA MENGUTAMAKAN DUNIAWI DIBANDING MEMAKMURKAN MESJID MENGHADAP ALLAH SWT. 3. BANYAK MESJID MEGAH, TAPI JARANG ORANG IKUT SHOLAT BERJAMAAH. 4. AGAR PARA USTADZ DAN PENGURUS MESJID BISA MERANGKUL JAMAAH YANG ADA DISEKITAR MESJID UNTUK BERSAMA-SAMA SHOLAT BERJAMAAH TANPA HARUS MEMBEDA-BEDAKAN KELOMPOK DAN GOLONGAN. YANG PENTING ADALAH MERANGKUL ORANG-ORANG YANG MAU SHOLAT BERJAMAAH, AGAR BANGKIT UKUWAH ISLAMIAH. SENYUM ADALAH IBADAH. MARI KITA TERSENYUM KEPADA SESAMA MANUSIA, KHUSUSNYA SESAMA UMAT ISLAM YANG HENDAK BERIBADAH MESKIPUN KITA BERBEDA KELOMPOK DAN GOLONGAN. MENYINGKIRKAN DURI DI JALAN JUGA IBADAH. KARENA ITU MARI KITA SINGKIRKAN SYAKWASANGKA KITA (DURI) KEPADA SESAMA MUSLIM. 5. ANALOGI SEDERHANA, SEPERTI HALNYA DENGAN PEMBERANGKATAN KERETA API, BILA TIDAK DI UMUMKAN WAKTU KEBERANGKATANNYA DAN PARA PENUMPANG AGAR BERSIAP-SIAP, MAKA AKAN BANYAK PENUMPANG YANG KEBINGUNGAN DAN TERTINGGAL KEBERANGKATAN KERETA API TERSEBUT. 6. MEMBERI KESEMPATAN YANG SAMA DAN ADIL KEPADA SEMUA GOLONGAN / KELOMPOK ISLAM DALAM MEMAKMURKAN MESJID, BAIK UNTUK MENJADI PENGURUS MESJID, IMAM, KHOTIB, DLL. 7. MEMAKMURKAN MESJID, MEMPERKUAT UKHUWAH ISLAMIAH, DAN MERAIH PAHALA SEBESAR-BESARNYA. INSYA ALLAH MESJID KITA MENJADI MAKMUR JAMAAH diambil dari, http://daktaradio.tripod.com