Rabu, 07 Mei 2008

Profil Ponpes Yatim Darul Al-Marhamah Lil Aytam

Profil Darul Marhamah Lil Aytam

Pesantren Yatim Terpadu Darul Marhamah Lil Aytam Ciomas Bogor Indonesia

Galeri Photo Santri Yatim & dhuafa

Pesantren Darul Marhamah adalah lembaga pendidikan anak-anak yatim di bawah binaan Yayasan Islam Al-Huda Bogor Indonesia . Pesantren ini merupakan lembaga pendidikan yang independen yang mengutamakan kwalitas sumber daya manusia berdasarkan pedoman hidup al-Qur'an dan as-Sunnah. Darul Marhamah Lil Aitam memberikan kesempatan bagi anak yatim dan Dhuafa tidak mampu dan terlantar untuk dibina menjadi generasi terbaik ummat yang memiliki integritas iman, ilmu dan amal shalih diatas manhaj ahlussunnah waljama'ah. Darul Marhamah merupakan pesantren khusus yatim dan Dhuafa dengan memadukan kurikulum pesantren serta umum, sehingga lulusannya diakui mendapatkan ijazah formal Sekolah Dasar. Pemaduan program pendidikan umum dan agama dilakukan secara kuantitaif dan kualitatif. Secara kuantitatif artinya porsi program pendidikan umum dan program pendidikan agama diberikan secara bersamaan. Sedang secara kualitatif berarti pendidikan umum diperkaya dengan nilai-nilai agama dan pendidikan agama diperkaya dengan muatan-muatan yang ada dalam pendidikan umum. Potensi dasar (fithrah) manusia seperti ; potensi intelektual ( fikriyah), emosional (ruhiyah), dan fisik (jasadiyah) merupakan anugerah dari Allah yang perlu ditumbuhkan, dikembangkan, dibina, serta diarahkan dengan baik, benar dan seimbang. Program pendidikan terpadu diharapkan menjadi salah satu sarana untuk menumbuhkan, mengembangkan, membina, dan mengarahkan potensi-potensi dasar yang dimiliki anak Yatim dan Dhuafa.


Pesantren Yatim Darul marhamah Lil Aytam

PROFIL

Pesantren Darul Marhamah adalah lembaga pendidikan anak-anak yatim di bawah binaan Yayasan Islam Al-Huda Bogor Indonesia. Pesantren ini merupakan lembaga pendidikan yang mengutamakan kwalitas sumber daya manusia berdasarkan pedoman hidup al-Qur'an dan as-Sunnah. Pesantren yatim Darul Marhamah Lil Aytam memberikan kesempatan bagi anak yatim tidak mampu dan terlantar untuk dibina menjadi generasi terbaik ummat yang memiliki integritas iman, ilmu dan amal shalih diatas manhaj ahlussunnah waljama'ah. Darul Marhamah merupakan pesantren khusus yatim yang memadukan kurikulum pesantren serta umum, sehingga lulusannya diakui mendapatkan ijazah formal setingkat Ula atau Sekolah Dasar.

Anak Yatim merupakan aset umat yang harus dijaga dan dipelihara. Bahkan mereka yang membenci, menghardik dan tidak peduli pada anak-anak yatim dianggab telah mendustakan agamanya sendiri serta telah menjauhkan sunnah dari sunnahnya Rasulullah saw. Rasulullah shallahu alaihi wassalam pun sangat mencintai anak yatim dan kata Rasulullah “Aku dan orang yang menjamin anak yatim di dalam surga sperti ini“.

Atas dasar hal diatas, maka para pendiri Yayasan Islam Al-Huda Bogor Indonesia berusaha merekrut anak-anak yatim tidak mampu dari berbagai daerah untuk dididik secara intensif dan berkesinambungan di pondok pesantren yatim atau Panti asuhan sosial Darul Marhamah Lil Aitam yang berlokasi dibogor. Pesantren ini didirikan sebagai rasa kepedulian bersama oleh Yayasan Islam Al-Huda terhadap masyarakat luas.

Program kepedulian sosial dan pendidikan khusus bagi yatim ini akan terus berlanjut serta terus dikembangkan, selama rasa kepedulian dari berbagai pihak masih ada dan memadai. Kerja keras dan kepedulian bersama dalam menjamin kelayakan mereka untuk mendapatkan fasilitas pendidikan agama, makan harian, pakaian, buku-buku, perangkat belajar, kesehatan dan lainnya, adalah sebuah amal yang sangat mulia yang diridhoi Allah karena sesuai dengan sunnah Rasulullah shalallahu alaihi wassalam.

LANDASAN

Allah Subhanahu wata’ala berfirman;

Dan mereka bertanya kepadamu tentang anak yatim, katakanlah:"Mengurus urusan mereka secara patut adalah baik, dan jika kamu menggauli mereka, maka mereka adalah saudaramu, dan Allah mengetahui siapa yang membuat kerusakan dari yang mengadan perbaikan. Dan jikalau Allah menghendaki, niscaya Dia dapat mendatangkan kesulitan kepadamu. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (QS. 2:220)

Allah Subhanahu Wata’ala berfirman;

“Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama. Itulah orang yang menghardik anak yatim, dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin”. (QS. 107:1 - 3)

“Adapun terhadap anak yatim maka janganlah kamu berlaku sewenang-wenang. Dan terhadap orang yang minta-minta maka janganlah kamu menghardiknya”. (QS. 93: 9-10)

Rasulullah Bersabda;

“Aku dan orang yang menjamin anak yatim di dalam surga sperti ini, “seraya mengisyaratkan dengan jari telunjuk dan jari tengah-nya sembari membuka di antara keduanya dengan sesuatu.” ( HR. Bukhari, Kitabul Thalaq 4892 dan Kitabul Adab 5546 )

VISI

Membina anak yatim yang tidak mampu sesuai ajaran islam yang murni berdasarkan manhaj aqidah ahlusunnah waljama’ah.

MISI

1. Mengembangkan dan membina yatim berdasarkan al-Qur’an dan as-Sunnah.

2. Merekatkan tali ukhuwah islamiyah dan kepedulian Yayasan Islam Al-Huda lewat program pendidikan gratis 100 % bagi yatim tidak mampu.

1. Melaksanakan anjuran Rasulullah untuk mencintai anak yatim dan memberi makan mereka serta pendidikan yang layak.

2. Mencetak anak yatim menjadi generasi untuk menebar dakwah dan menjadi rahmat bagi seluruh umat.

3. Menjadi wahana konservasi nilai-nilai ajaran Islam yang dibawa, diajarkan, dan dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.

4. Menjadi mediator dalam menghantarkan anak didik memasuki zaman, sejarah, dan tantangan yang akan dihadapinya.

5. Salah satu program nyata dari departemen sosial kemanusian yang ada di Yayasan Islam Al-Huda Bogor Indonesia

TUJUAN

1. Menghadirkan program beasiswa pendidikan gratis 100%

2. Pemeliharaan dan bimbingan yatim terhadap pendidikan agama.

3. Penguasaan berbagai disiplin ilmu terutama bidang keislaman.

4. Mencetak generasi unggulan yang berkepribadian islami.

5. Membina mental yang tangguh untuk masa depan mereka.

PROGRAM UNGGULAN

1. Berorentasi pada keunggulan pengembangan potensi anak yatim.

2. Proses pendidikan yang integral dilingkungan asrama yang kondusif.

3. Menerapkan kurikulum terpadu agama dan umum.

4. Menerapkan bimbingan khusus keagamaan dan kemandirian siswa.

JENJANG PENDIDIKAN

Jenjang pendidikan Darul Marhamah, menyelenggarakan pendidikan tingkat Ibtidaiyah atau setingkat SD yang memadukan kurikulum diknas dan kurikulum muatan lokal (mulok) Darul Marhamah dengan sistem Islamic Boarding School atau diasramakan.

PENGEMBANGAN DAN TARGET PROGRAM

Pola pendidikan Darul Marhamah merupakan pola pendidikan terpadu yang menerapkan manajemen berbasis pesantren dan berbasis sekolah serta kurikulum ekstrakulikuler kepesantrenan. Dengan target yang akan dicapai adalah para santri yatim dapat menguasai berbagai bidang materi yang meliputi dasar-dasar keagamaan diantaranya adalah;

Materi dasar-dasar keislaman:

Aqidah Ahlussunnah waljama’ah, Manhaj, Fiqih Islam, Sirah Nabi dan shahabat, Tajwid al-Qur’an, Akhlak dan adab Islami, Tahfidzul/ Hafalan juz amma, Do’a-do’a harian, Baca tulis dan al-Qur’an (Iqra), Tahfidz al-Qur’an (Juz 'Amma).

Kegiatan praktikal: Praktek ibadah harian, Muhadlarah (latihan ceramah), Muhadatsah bahasa arab dan inggris, Qira’at al-Qur’an atau muratal (seni baca al-Quran), Tadarus, Tajwidz dan Tahsinul Qur’an, Lailatul Ansyithoh/ qiyamul lail (Malam Kreatifitas Santri), Latihan kaligrafi dan Khot arab, Perlombaan, Pelatihan computer tingkat dasar, Kaligrafi dan menggambar, Apresiasi Seni Islam, nasyid dan Jurnalistik islami.

Kegiatan hiburan: Rihlah tarbawiyah/ Tadabur alam, Gerak jalan sehat, Sepak Bola, Bulu tangkis, Senam, Beladiri, Out Bond dan sebagainya

Galeri Photo Santri Yatim Darul Marhamah Lil Aytam

Bagi Anda yang ingin berpartisifasi atau ingin meyalurkan dana zakat, infaq dan shodaqoh untuk pesantren yatim Darul marhamah serta info tentang Darul marhamah lebih lengkap? Silahkan hubungi kami di:

0852 8379 6218

Tidak ada komentar: